Sunday, January 27, 2013

Adakah Yang Salah Pada Konsep PPT atau E3 di Proyek Konstruksi Sipil? (Bag. 1)

Bagi yang berkecimpung di dunia Teknik Sipil (mengenai Traffic Safety), mungkin tidak asing dengan konsep PPT atau E3 pada proyek konstruksi sipil (walaupun mungkin ada yang tidak tahu). Pendidikan, Pengaturan (Pemaksaan), dan Teknik atau yang lebih dikenal dengan singkatan PPT adalah sebuah konsep dimana akan terciptanya keberhasilan suatu pekerjaan sipil baik dari segi konstruksi hingga pemanfaatannya. Konsep PPT ini sering juga dikenal dengan E3 (Education, Enforcement, Engineering). Bila konsep ini dilaksanakan dengan baik, maka Indonesia dapat sejajar dengan negara maju. Namun kenyataannya, walau konsep PPT ini hanya tinggal menjadi sebuah konsep, tidak ada implementasi yang real di masyarakat. Berikut beberapa ulasan saya mengapa konsep PPT ini saya rasa kurang berperan pada pembangunan di negara tercinta kita, Indonesia.

Thursday, January 17, 2013

Rekayasa Lalu Lintas (Jalan Bag. 2)

Penggolongan Tipe Jalan (lanjutan)

B. Menurut Status

Jalan umum menurut statusnya dikelompokkan ke dalam jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa.
1. Jalan nasional, yaitu jalan nasional merupakan jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar ibukota provinsi, dan jalan strategis nasional, serta jalan tol;
2. Jalan provinsi, yaitu jalan provinsi merupakan jalan kolektor dalam sistem jaringan primer yang menghubungkan ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten/kota, atau antar ibukota kabupaten/kota, dan jalan strategis provinsi;

Rekayasa Lalu Lintas (Jalan Bag. 1)

Definisi

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel (Wikipedia). Jalan atau lebih sering disebut jalan raya menjadi komponen utama pada transportasi darat dengan menggunakan moda mobil penumpang. Kebutuhan akan jalan ini menjadi sangat vital bagi pengembangan suatu daerah.

Wednesday, January 16, 2013

Rekayasa Lalu Lintas (Pembuka)

Pendahuluan


Pada bidang keilmuan teknik sipil, khususnya pada bidang transportasi, terdapat dua aspek transportasi yang umum dipelajari di antaranya Rekayasa Lalu Lintas serta Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan. Rekayasa Lalu Lintas adalah cabang dari ilmu teknik yang mengarahkan kegiatannya pada penelaahan dan perbaikan aliran lalu lintas pada jaringan jalan dan terminal. Sedangkan Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan adalah cabang ilmu teknik yang menelaah bahan-bahan atau material penyusun jalan dari segi karakteristik, kekuatan, ketahanan, hingga efesiensi harga.

Monday, January 7, 2013

Masih Perlukah Peraturan Lalu Lintas di Aceh????

Pada tahun 2012 yang lalu, tercatat 723 orang tewas akibat kecelakaan lalulintas di Aceh. Seperti yang dikutip obornews.com, dari data di Kepolisian Daerah Aceh, di tahun 2012, tercatat telah terjadi sekitar 1.413 kecelakaan lalulintas yang terjadi di semua wilayah di Provinsi Aceh. Dari jumlah kecelakaan itu, 723 pengendara tewas sedangkan 846 mengalami luka berat dan 1.335 menderita luka ringan. Jumlah korban jiwa dalam kecalakaan lalulintas di Aceh didominasi pengendara dan penumpang kendaraan bermotor roda dua. Baik itu kecelakaan tunggal, kecelakaan berat ataupun kecelakaan beruntun. Kecelakaan lalulintas disebabkan berbagai faktor, di antaranya kelalaian pengendara, kondisi kendaraan, infrastruktur jalan serta kondisi cuaca di lokasi kecelakaan. Namun, yang paling menonjol adalah akibat adanya kelalaian berkendara.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...