Sunday, July 31, 2011

Tips Memilih Kamera DSLR Bagi Pemula

Memiliki sebuah kamera DSLR bukanlah menjadi hal yang prestise di jaman sekarang. Kamera DSLR berbagai merk dan tipe sekarang dijual dengan harga yang realtif terjangkau. Bagi orang-orang yang memiliki hobi fotografi, tuntutan untun memilki seperangkat kamera DSLR menjadi lebih mudah. Namun hendaknya hobi yang terbilang tidak murah ini bila terus digiatkan, maka akan menguras isi kantong si peminat hobi. Berikut adalah tips-tips bagaimana dapat memilih kamera DSLR ketika hendak membelinya :

1. Ketauhilah merk dan series Kamera DSLR yang hendak dibeli.

Merk


Kamera DSLR yang beredar di pasaran terdapat berbagai macam merk seperti NIKON, CANON, PENTAX, dan beberapa merk lainnya. Tentunya setiap merk tersebut memiliki seri yang berbeda sesuai dengan keunggulan dan kekurangan di setiap serinya. Seri ini dibedakan berdasarkan resolusi, fitur-fitur, berat kosong, tahun produksi, dan lain-lain. Maka cermatilah dan tentukan kamera DSLR dengan merk dan seri yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ingat, semakin tinggi resolusi dan banyaknya fitur dapat membuat kamera tersebut semakin mahal. Untuk mengetahui informasi mengenai kamera DSLR yang hendak anda beli, sebaiknya anda dapat bertanya langsung ke tempat yang menjualnya, atau sebelumnya browsing ke situs resmi merk kamera tersebut, browsing ke situs penjualan resmi, atau browsing ke forum-forum fotografi yang memuat review kamera yang anda minati.

2. Membuat perbandingan antar merk dengan kualitas dan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda atau perbandingan antar seri.

Nikon 3100 dan Canon EOS 550D


Setiap kamera DSLR memliki seri yang hampir mendekati seri dari merk lainnya. Hal ini tentunya untuk menciptakan persaingan jual beli antar produsen. Setelah memiliki sedikitnya dua tipe kamera yang akan dibeli, maka sebaiknya direview mengenai harga, besarnya resolusi, fitur-fitur, jenis lensa bawaan, dan kelengkapan kit dalam pembelian. 

3. Perhatikan jenis lensa bawaan.
Lensa
 Biasanya kamera DSLR yang dijual dilengkapi dengan lensa bawaan 18-55mm. Mengenai tipe-tipe lensa akan saya bahas dalam kesempatan mendatang. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah lensa bawaan yang kini memiliki beragam fitur seperti autofokus (AF) dan Image Stabilizer (IS) atau Vibrating Reduction (VR). Bila lensa yang tidak memiliki fitur seperti AF dan IS atau hanya AF saja, bisa jadi harga kamera + kit nya akan lebih murah. Namun ingat, bila hanya ada body kamera dalam paket, harga bisa jauh lebih rendah.
4. Jangan terpengaruh dengan harga Black Market yang jauh lebih murah.
Pembelian pada Black Market terkadang bisa merugikan si pembeli. Beberapa kerugian yang biasa dialami antara lain tidak lengkapnya paket pembelian (seperti CD, lensa, buku petunjuk, dll), kondisi kamera dan lensa mengalami kecacatan, setelan konfigurasi pada body bisa kacau, dan yang pasti adalah tidak adanya garansi.

Beberapa tips di atas mungkin dapat membantu anda dalam menentukan pilihan ketika akan membeli sebuah Kamera DSLR. 






Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...