Tuesday, May 22, 2012

Apakah Kecanggihan Ponsel Dapat Digunakan Optimal???

Telepon selular (ponsel) atau telepon genggam kini menjadi kategori Barang Sekunder, bahkan barang primer bagi beberapa kalangan masyarakat. Memiliki ponsel sekarang bukan lagi menjadi pembeda status dalam kemasyarakatan, karena hampir seluruh lapisan masyarakat memilikinya, bahkan sebagian masyrakat memilikinya lebih dari satu ponsel. Ponsel kini berperan penting dalam hal berkomunikasi bebas dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi dengan hadirnya berbagai merek dan tipe ponsel, masyarakat semakin dipermudah dalam memilih ponsel mana yang cocok untuk digunakannya dalam kesehariannya. Namun, tidak sedikit masyarakat memilih ponsel karena terjebak dalam lingkaran konsumerisme dan supaya terlihat gaul atau tidak ketinggalan jaman.  

Tipe Ponsel Berdasarkan Kategori Harga 
Ponsel yang hadir di pasaran kini memiliki beberapa variasi harga, berikut sedikit ulasan mengenai kategori ponsel berdasarkan harga.
1. Ponsel dengan harga dibawah Rp 1.000.000,00 
Ponsel dengan kategori harga dibawah satu juta rupiah memliki spesifikasi minimum atau standar seperti layaknya tujuan ponsel pertama kali diperkenalkan ke masyarakat. Seiring berjalannnya waktu, beberapa vendor ponsel kini menambahkan fitur tambahan seperti radio FM dan pemutar mp3 dengan kapasitas memori yang tidak terlalu besar. Bahkan beberapa vendor dari negeri tirai bambu dan dari negeri gingseng telah memberanikan diri dengan harga yang dibilang murah ini sudah menyuguhkan teknologi touchscreen atau mobile tv pada produknya.
2. Ponsel dengan harga antara Rp 1.000.000,00 hingga Rp 3.000.000,00
Ponsel dengan kisaran harga satu hingga tiga juta rupiah memiliki cukup banya varian dan fitur-fitur yang semakin memanjakan penggunanya. Ponsel dengan kategori ini juga menyediakan kapasitas memori yang lumayan besar serta dilengkapi kamera dengan kemampuan hingga 5MP. Melihat ekspektasi pasar dengan sasaran pembeli dari kalangan muda, banyak ponsel dalam kategori ini dilengkapi dengan fitur sosial media yang lengkap.
3. Ponsel dengan harga antara Rp 3.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00 
Ponsel dengan harga tiga hingga lima juta rupiah ini biasanya sudah membidik pengguna dengan aktifitas bisnis yang cukup tinggi karena ponsel dengan kategori ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap serta kemampuan pengiriman dan penerimaan data lewat jaringan internet yang memadai.
4. Ponsel dengan harga di atas Rp 5.000.000,00 
Ponsel dengan harga di atas lima juta rupiah ini adalah ponsel untuk kalangan atas yang sangat mementingkan kualitas serta fitur-fitur yang sangat lengkap dan dengan teknologi yang terbaru. Namun, kadangkala harga ponsel ini bisa di atas lima juta rupiah karena ada tambahan aksesoris tertentu seperti tombol dengan batu mulia.
 Tipe Ponsel Berdasarkan Fitur 
 Ponsel sekarang tidak hanya untuk sekedar untuk berkomunikasi jarak jauh ataupun mengirim pesan, ponsel sekarang telah dilengkapi dengan berbagai varian fitur yang ditujukan untuk pengguna dengan kebutuhan tertentu.
 1. Ponsel standar 
Dapat dibilang standar, karena hanya dapat digunakan untuk telepon dan sms. Meski di dalamnya dilengkapi dengan berbagai tambahan standar seperti alarm, stopwatch, memo, game kecil, dll, ponsel jenis ini memang dikategorikan standar dan harganya pun terbilang sangat murah. 
2. Ponsel Kamera 
Ponsel jenis ini mengunggulkan kamera, baik dari dari besarnya Mega Pixel, autofokus, flashlight, hingga fitur smile detector. Walau sejatinya kamera ini adalah "pendukung" di ponsel, namun keunggulan kamera yang dipamerkan ketimbang fitur-fitur lainnya.
3. Ponsel Music 
Ponsel jenis ini ditujukan kepada penikmat musik. Ponsel ini biasanya dilengkapi dengan earphone atau headset dengan kualitas yang bagus serta speaker ponsel yang terbilang jernih dalam menghasilkan suara. Ponsel jenis ini biasanya juga dilengkapi fitur pengunduh lagu, baik dengan kerja sama dengan operator seluler ataupun tidak. Daripada fitur-fitur lain seperti kamera dan kualitas gambar, ponsel music memang ditujukan bagi penikmat musik dengan suara yang jernih.
4. Ponsel Fashion
Dari namanya, ponsel ini ditujukan kepada yang ingin selalu tampil modis. Desain ponsel ini memang terbilang lebih stylish dan fashionable (seperti contoh ponsel yang desainnya mirip dengan kotak make up) bahkan tidak jarang tombol-tombol pada body ponsel dipasang dari kristal atau batu-batu mulia.
5. Ponsel Sosial Media
Aktifitas sosial media yang kini sangat berkembang pesat, membuat vendor-vendor ponsel untuk mengeluarkan jenis produk mereka yang dilengkapi dengan fitur sosial media yang lengkap. Dengan kualitas dan kemampuan akses internet yang mumpuni (dipengaruhi oleh operator selular), ponsel jenis ini sangatlah berarti bagi mereka yang haus akan interaksi di dunia maya. 
6. Ponsel Game 
Untuk kalangan penikmat game, beberapa vendor ponsel telah melahirkan produknya yang memang ditujukan untuk bermain game, bahkan dari segi body ponselpun dibuat seperti gamepad agar bermain game lebih mudah di ponsel tersebut.
7. Ponsel Pintar (Smartphone) 
Kini smartphone telah merajai produksi ponsel multimedia di dunia, baik disajikan dalam bentuk konvensional, touchscreen, hingga communicator. Dengan fitur mobile office, kamera yang lumayan, GPS, serta jaringan internet yang mumpuni (lagi-lagi dipengaruhi oleh operator selular), smartphone menjadi kebutuhan bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi namun ingin mudah dalam segala urusan, baik sosial media, bisnis, hingga hiburan. 

Dari beberapa ulasan di atas, termasuk kategori apakah ponsel yang anda miliki? Apakah ponsel yang kini anda miliki sesuai dengan kebutuhan anda? atau ponsel yang anda miliki kini hanya sebagai lambang prestise semata? Banyak juga kini orang-orang yang memiliki ponsel dengan fitur beragam dan harga yang lumayan mahal, tetapi hanya digunakan untuk telepon dan sms. Jadi, pertanyaan di atas cukup anda sendiri yang dapat menjawabnya.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...