Sunday, December 4, 2011

Penetapan CBR Lapangan Melalui Pengujian Dengan Alat DCP

Peralatan DCP
Maksud dan tujuan pengujian ini adalah untuk mengetahui daya dukung tanah dinyatakan dalam nilai CBR (California Bearing Ratio) dengan satuan % (persen). Data CBR digunakan sebagai salah satu masukan dalam proses perencanaan jalan yaitu untuk:

  1. Penentuan tebal perkerasan (full depth pavement) untuk bagian jalan yang direncanakan akan mendapatkan penanganan “pelebaran jalan”;
  2. Penentuan tebal lapis ulang (overlay) di atas jalan aspal apabila tidak dapat disediakan / tidak terdapat data Benkelman Beam;
  3. Penentuan tebal perkerasan untuk bagian jalan yang harus direkonstruksi (seluruh perkerasan lama dibongkar);
  4. Penentuan tebal perkerasan jalan baru.
DCP atau Dynamic Cone Penetrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur daya dukung tanah dasar jalan langsung di tempat (in situ). Daya dukung tanah dasar tersebut diperhitungkan berdasarkan pengolahan atas hasil test DCP yang dilakukan dengan cara mengukur berapa dalam (mm) ujung konus masuk ke dalam tanah dasar tersebut setelah mendapat tumbukan palu geser pada landasan batang utamanya. Korelasi antara banyaknya tumbukan dan penetrasi ujung conus dari alat DCP ke dalam tanah akan memberikan gambaran kekuatan tanah dasar pada titik-titik tertentu. Makin dalam konus yang masuk untuk setiap tumbukan artinya makin lunak tanah dasar tersebut. Pengujian dengan menggunakan alat DCP akan menghasilkan data yang setelah diolah akan menghasilkan CBR lapangan tanah dasar pada titik yang ditinjau.
Jika pada tanah dasar dengan kedalaman sampai dengan 1 meter terdapat beberapa lapisan tanah dengan daya dukung (nilai CBR) yang berbeda, maka nilai CBR lapangan pada titik tersebut diperhitungkan berdasarkan nilai CBR yang mewakili nilai-nilai CBR lapisan-lapisan tanah dimaksud.
Alat Benkelman Beam

Jika dihadapi kondisi tidak terdapat alat Benkelman Beam untuk mendapatkan data rebound deflection jalan aspal untuk keperluan overlay design, maka dapat digunakan alat DCP untuk mengumpulkan data-data lapangan. CBR yang diperoleh dari perhitungan hasil survey dengan alat DCP digunakan sebagai salah satu masukan untuk memperhitungkan kebutuhan overlay yang prinsipnya adalah memanfaatkan nilai sisa perkerasan lama. CBR lapangan tanah dasar di bawah perkerasan jalan yang direkonstruksi atau jalan baru
Prinsip sama dengan penentuan CBR lapangan tanah dasar pada pelebaran jalan, hanya pengambilan lokasi titik-titik uji saja yang berbeda.

Peralatan dan Perlengkapan
1. Sebuah palu geser dengan berat 8.0 kg, dan dengan tinggi jatuh 57,5 cm. Palu geser akan bergerak jatuh sepanjang batang baja Ø 20 mm untuk memukul suatu landasan (anvil).
2. Sebuah batang utama baja keras (standard shaft) dengan  Ø 20 mm, panjang 100 cm yang disambungkan dengan konus yang terbuat dari baja keras sudut 60 derajat atau 30 derajat dan bergaris tengah terbesar 20 mm. Pada batang baja tersebut telah pula dibuatkan skala dalam mm untuk membaca setiap masuknya ujung konus ke dalam tanah.
3. Sebuah batang kedua baja keras (hammer shaft) dengan Ø 20 mm, panjang minimum = 72 cm, sebagai batang geser palu.

Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan sebagai alat-alat pendukung adalah: roll meter, cangkul dan singkup kecil, belincong, dan linggis. Diperlukan juga perlengkapan kendaraan roda empat untuk mengangkut petugas, peralatan dan perlengkapan yang dilengkapi dengan odometer guna membantu pengecekan jarak antara sejumlah titik uji pada lokasi yang dianggap perlu.

Prosedur Pelaksanaan
a. Untuk melakukan test DCP diperlukan 3 orang dengan pembagian tugas: 1 orang untuk memegang alat DCP, 1 orang untuk menarik palu geser keatas dan menjatuhkannya kembali, 1 orang untuk membaca dan mencatat penetrasi ujung konus tiap frekwensi dan jumlah tumbukan tiap frekwensi.
b. Pilihlah titik uji di lokasi .
c. Gunakan formulir yang tersedia untuk mencatat data-data yang diperlukan.
d. Galilah lubang dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
1. Pengujian dengan alat DCP untuk keperluan pelebaran jalan.
• Ukuran lubang bergaris tengah 20 cm;
• Pilih titik-titik uji pada perbatasan antara perkerasan dan bahu jalan agar mudah menetapkan posisi tepi bawah subbase. Galian dimulai dari tepi atas bahu jalan di perbatasan antara perkerasan dan bahu jalan sampai material bahu jalan pada ketinggian tepi bawah subbase;
• Alat DCP nantinya akan diletakkan tepat diatas permukaan tanah dasar atau persis sama dengan tepi bawah subbase.
2. Pengujian dengan alat DCP untuk keperluan pembangunan jalan baru atau rekonstruksi
• Ukuran lubang bergaris tengah 20 cm;
• Pilih titik-titik uji di as jalan baru atau jalan yang akan direkonstruksi, kemudian cari posisi subgade sesuai dengan plan & profile atau pra rencana jalan baru untuk mengetahui dimana posisi alat DCP harus diletakkan sebelum pengujian dimulai;
• Galian dilakukan sampai posisi tepi atas subgrade.
3. Pengujian dengan alat DCP untuk keperluan overlay jalan lama.
• Ukuran lubang bergaris tengah 20 cm;
• Pilih titik-titik uji di wheel track pada lapis permukaan jalan beraspal, dari sini mulai dilakukan penggalian sampai kedalaman lapis perkerasan yang beraspal;
• Alat DCP nantinya akan diletakkan tepat diatas lapis perkerasan yang tidak beraspal, pengujian akan dimulai dari sini.






Related Post:

3 comments:

Boby P said...

share aja nih penjelasan sederhana tentang CBR tanah

constructionfordummies.blogspot.co.id

Unknown said...

Salam Sejahtera,

Kami PT. Mektan Babakan Tujuh Utama
Perusahaan Suplaier Pengadaan Barang
Kontraktor, Pelaksanaan Bangunan Teknik Sipil
Konsultan Rekayasa Teknik Sipil
Fakultas Teknik Jurusan Sipil
Politeknik Bangunan
SMK jurusan Bangunan/Teknologi

Perusahaan jasa Laboratorium Geoteknik
Dinas Pekerjaan Umum
Kabupaten, Kota, Dan Provinsi
Bina Marga, Pengairan dan Cipta Karya

HUBUNGI KAMI DI :

PT.Mektan Babakan Tujuh Utama
Jl. Raya Batujajar Blok. A No.1, Puspa Regency, Bandung Barat 40561
022-686.6302
081.220.636.447/0878.2553.3347

Email :
Mektan1974@yahoo.com
mbtoriginal@yahoo.com

Website :
www.mektan.com
www.mbtoriginal.com
www.alatlabsipil.com

Unknown said...

Penetapan Cbr Lapangan Melalui Pengujian Dengan Alat Dcp - Atadroe88 >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Penetapan Cbr Lapangan Melalui Pengujian Dengan Alat Dcp - Atadroe88 >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Penetapan Cbr Lapangan Melalui Pengujian Dengan Alat Dcp - Atadroe88 >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...