Wednesday, January 16, 2013

Rekayasa Lalu Lintas (Pembuka)

Pendahuluan


Pada bidang keilmuan teknik sipil, khususnya pada bidang transportasi, terdapat dua aspek transportasi yang umum dipelajari di antaranya Rekayasa Lalu Lintas serta Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan. Rekayasa Lalu Lintas adalah cabang dari ilmu teknik yang mengarahkan kegiatannya pada penelaahan dan perbaikan aliran lalu lintas pada jaringan jalan dan terminal. Sedangkan Rekayasa Bahan dan Tebal Perkerasan adalah cabang ilmu teknik yang menelaah bahan-bahan atau material penyusun jalan dari segi karakteristik, kekuatan, ketahanan, hingga efesiensi harga.

Secara umum definisi transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan. Perjalanan/perpindahan dilakukan melalui suatu lintasan tertentu yang menghubungkan asal dan tujuan, menggunakan alat angkut atau kedaraan dengan kecepatan tertentu. Transportasi dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan karena transportasi timbul disebabkan adanya maksud atau tujuan yang ingin dicapai, misalnya pengiriman barang, berpergian, bekerja dan lain-lain.
Tujuan dari Rekayasa Lalu Lintas sejatinya adalah mempelajari tentang sifat-sifat lalu lintas sebenarnya pada saat di jalan atau jalur lainnya. Pada jalan darat adalah lokasi utama untuk mempelajari Rekayasa Lalu Lintas, namun demikian, untuk jalur air, udara, dan jalan rel memiliki pokok bahasan tersendiri yang membahas lebih spesifik. Jalan darat dengan sekelumit masalahnya menjadi fokus utama dalam mempelajari Rekayasa Lalu Lintas ini dengan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti: human behaviour (perilaku manusia/pengguna jalan), kendaraan beserta muatannya, dan fasilitas tetap yang dilalui oleh angkutan, seperti: jalan, persimpangan, tanda-tanda pengaturan lalu lintas, terminal, fasilitas keselamatan, dan hal-hal lainnya.
Pada akhirnya diharapkan kepada siapa pun yang telah mempelajari mengenai Rekayasa Lalu Lintas dapat memahami dan mengaplikasikan pengetahuannya pada tingkat penyuluhan ke masyarakat, perencanaan, atau permodelan transportasi sehingga tercipta rasa nyaman dan aman bagi seluruh pengguna jalan ke depannya.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...