Tuesday, January 10, 2012

Mengenal Komponen Dari PC Anda

Komputer pribadi (Personal Computer) sejatinya adalah gabungan dari beberapa perangkat keras yang dirakit (assembly) menjadi satu kesatuan. Beberapa perangkat keras yang dirakit menjadi satu kesatuan ini merupakan komponen-komponen dari PC yang menentukan kinerja dari sebuah PC. Bagi anda yang masih awam mengenai komponen-komponen PC, berikut beberapa komponen dasar yang biasanya terdapat oleh sebuah PC:
1. Input Device
Input Device adalah perangkat-perangkat keras yang digunakan untuk memberi input/memasukkan data kepada PC. Contoh dari Input Device adalah yang biasanya ada adalah keyboard dan mouse. Ada juga alat lainnya dapat juga untuk memasukkan data digunakan seperti: CD/DVD ROM atau RW, USB dan MMC port, scanner, kamera digital/webcam, microphone, modem, gamepad, dan beberapa alat lainnya tergantung dari data input yang diinginkan.
Contoh Input Device
2. Process Device
Process Device adalah perangkat-perangkat keras yang mengolah data yang diinput/dimasukkan dan kemudian mentransfer hasil olahan data ke output device. Kesatuan dari Process Device dirangkum dalam sebuah casing dan power suply yang terdiri dari:
a. Motherboard
Motherboard (papan induk) adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai wadah/tempat untuk menghubungkan berbagai perangkat keras menjadi satu kesatuan sehingga dapat komputer dapat difungsikan.
b. Prosesor
Prosesor adalah perangkat keras utama setelah motherboard yang berfungsi sebagai mesin utama untuk memproses semua pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah PC.
c. Memori (RAM)

Fungsi utama RAM (Random Access Memory) atau yang dikenal dengan sebutan Memori adalah tempat menyimpan data yang sedang diproses oleh PC untuk sementara. Besar kecilnya kapasitas memori RAM ini berpengaruh dengan berbagai aplikasi yang akan dijalankan oleh PC, karena aplikasi membutuhkan memori untuk dioperasikan dan semakin update aplikasi, semakin besar kebutuhan memori.
d. VGA Card
VGA (Video Graphics Adapter) atau yang istilah resminya Graphics Card adalah perangkat keras yang berguna untuk memproses semua kegiatan yang berhubungan dengan tampilan (display). Sama halnya dengan RAM, beberapa aplikasi memerlukan memori untuk beroperasi menampilkan gambar yang jernih dan grafis yang memuaskan. Bila pada komputer anda tidak terdapat VGA Card atau memori VGA Card rendah/Share dengan RAM, maka untuk aplikasi yang membutuhkan kualitas garfis tinggi, aplikasi itu sebaiknya tidak diinstal di komputer anda karena walaupun dapat berjalan, tetapi akan terganggu dan sangat lambat.
e. Harddisk
Harddisk adalah perangkat keras berupa cakram yang berguna untuk menyimpan data-data dalam waktu yang lama. Data yang tersimpan dalam harddisk dapat dihapus sewaktu-waktu jika anda inginkan. Namun, berhati-hatilah dengan virus yang menyerang data di harddisk yang memaksa Anda untuk memformat ulang, juga berhati-hati bila sering komputer off sebelum melalui proses shutdown karena bisa jadi terjadi "damage" pada harddisk
Contoh Process Device
3. Output Device
Ouput Device adalah berbagai perangkat keras yang dapat menampilkan hasil olahan data dari komputer, dapat berupa tampilan visual, suara, hardcopy (hasil cetakan), dan softcopy (data). Untuk hasil berupa tampilan visual, komputer memerlukan monitor, atau dapat pula dihubungkan dengan proyektor untuk menampilkan tampilan visual lebih besar pada layar. Untuk hasil berupa suara, diperlukan speaker. Untuk hasil dalam bentuk hardcopy, komputer memerlukan printer, plotter, atau mesin cetak yang dapat yang dapat dihubungkan dengan komputer. Untuk hasil berupa softcopy, diperlukan media seperti CD/DVD R, flashdisk, atau bahkan harddisk anda untuk menyimpan data.
Contoh Ouput Device

Komponen seperti power supply beserta kipas yang terdapat dalam casing pc merupakan komponen yang tidak kalah pentingnya. Tanpa adanya daya listrik yang melalui power supply, komputer tidak akan bisa dioperasikan, dan bila tidak adanya pendingin seperti kipas, maka motherboard bisa overheating dan menyebabkan komponen-komponen yang rentan terhadap panas seperti prosesor akan cepat rusak bahkan meleleh.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...