Friday, January 13, 2012

Mengenal Netbook

Kebutuhan manusia tentang teknologi informasi semakin hari semakin tinggi. Walau hanya sekedar lebih eksis di dunia maya melalui sosial media, setidaknya masyarakat membutuhkan sebuah perangkat yang dapat memudahkannya dalam menjelajahi dunia maya. Hal ini dibuktikan dengan telah hadirnya varian komputer jinjing yang dijuluki netbook. Entah kenapa meski telah hadir berbagai smartphone dan tablet, netbook tetap eksis di pasarannya.
Netbook merupakan varian komputer yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, terutama penggunanan wireless dalam mengakses internet. Dengan rancangan utama untuk digunakan sebagai perangkat dalam web browsing, dan menulis e-mail, netbook sangat bergantung pada keberadaan internet untuk akses jarak jauh terdahap aplikasi berbasis web. Netbook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada notebook (rata-rata berukuran 7 dan 10 inch, tetapi ada juga yang berukuran sama dengan notebook) sehingga lebih ringan untuk dibawa kemana saja. Sama halnya dengan notebook, netbook memiliki kesamaan dalam kelengkapan hardware, terkecuali CD/DVD ROM drive, karena netbook seperti yang dikatakan di atas, berukuran kecil sehingga bila diingingkan, harus melengkapi CD/DVD ROM secara external.

Komponen dari netbook yang "wajib" adalah memiliki LAN port, wifi, baterai yang tahan lama, dan camera. Komponen-komponen tersebut sangat membantu dan diperlukan ketika ingin memakai netbook di internet cafe atau wifi area. Camera atau webcam biasanya digunakan untuk bagi mereka yang sering chatting. Beberapa alasan memilih netbook dibandingkan smartphone atau tablet untuk menjelajahi dunia maya adalah:
1. Netbook memiliki keyboard sama halnya dengan notebook, memudahkan anda untuk mengetik;
2. Netbook memiliki OS-OS yang sama dengan notebook;
3. Netbook memiliki kapasitas harddisk yang besar, kadang-kadang sama dengan notebook;
4. Bagi yang hobi download, karena netbook juga komputer, aplikasi-aplikasi download manager sudah pasti bisa digunakan.

Dengan demikian, tentu anda sudah tau apa itu netbook dan kegunaannya. Sekian dulu, terima kasih

Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...