Monday, October 31, 2011

Bekisting Horisontal (Vol 2.) Lanjutan

V. TIPE BEKISTING HORISONTAL Tipe atau jenis dari bekisting horisontal seperti bekisting untuk Balok dan Slab/lantai terdiri dari berbagai macam, tergantung kepada ciri khas dari subkon bekisting. Umumnya tipe bekisting untuk lantai yang beredar di Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Multiflex, yaitu rangkaian lembaran plywood atau pelat besi yang di topang oleh balok sekunder serta balok primer yang di gelar di atas mainframe seperti scaffolding atau PD -8. Bekisting sistem Multiflex dirangkai pada tiap lantai yang akan di cor dan dibongkar pada waktu akan terjadi pemindahan bekisting ke lantai berikutnya. 
2. Table Form, yaitu rangkaian lembaran plywood atau pelat besi yang di topang oleh balok sekunder serta balok primer yang di gelar di atas mainframe seperti scaffolding atau PD -8. Bedanya dengan sistem Multiflex adalah pada waktu akan terjadi pemindahan bekisting, sistem ini cukup dengan menurunkan posisi bekisting dengan cara menurunkan posisi jack di kaki mainframe, sehingga rangkaian bekisting tidak perlu dibongkar dan dapat di dorong untuk kemudian di angkat oleh Tower Crane ke lantai berikutnya. Table Foerm cocok jika digunakan pada lantai type Flat Slab (Lantai tanpa Balok).

3. Horry Beam, yaitu berupa truss beam yang bisa di stel panjangnya untuk di letakan pada sideform bekisting balok dengan jarak tertentu untuk kemudian lembaran plywood tinggal di gelar/dipasang di atasnya sehingga Mainframe tidak diperlukan lagi. Dengan sistem ini, beban lantai disalurkan Horry ke Bekisting Balok, sehingga jarak antar kaki dari mainframe balok akan lebih rapat jika dibandingkan dengan dua tipe bekisting di atas.







Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Kritik, Saran, dan Komentar anda sangat kami butuhkan demi kemajuan blog ini, terima kasih telah berpartisipasi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...